Fakultas Syari`ah | IAIN Pekalongan

Fakultas Syariah Gelar Sosialisasi Pembelajaran Bagi Mahasiswa Baru Secara Daring

E-mail Print PDF

sospem fasya 1

Pekalongan (15/9) - Usaha peningkatan mutu dan kualitas dalam dunia pendidikan merupakan hal yang sangat mendasar. Sejalan dengan itu, Perguruan Tinggi sebagai lembaga pendidikan formal mempunyai tugas dalam memenuhi harapan serta tujuan tersebut. Oleh karena itu dibutuhkan langkah-langkah yang tepat untuk melaksanakan proses pendidikan agar mendapat hasil yang optimal sesuai harapan.

Pendidikan Tinggi dikatakan berkualitas apabila proses pembelajaran berlangsung secara efektif, peserta didik memperoleh pengalaman yang bermakna bagi dirinya dan produk–produk pendidikan merupakan individu yang bermanfaat bagi masyarakat dan pembangunan bangsa. Untuk mendapatkan produk tersebut diperlukan peserta didik yang mampu bersosialisasi di lingkungannya. Sosialisasi merupakan suatu proses, dimana anggota masyarakat yang baru mempelajari norma–norma dan nilai–nilai dimana dia menjadi anggota.

sospem fasya 3.1

Fakultas Syariah IAIN Pekalongan, sebagai salah satu fakultas yang ada di IAIN Pekalongan, merasa perlu dan penting untuk melaksanakan sosialisasi pembelajaran bagi mahasiswa baru, agar mahasiswa memahami bagaimana dunia kampus dan dinamikanya, yang tentu saja berbeda dengan pada waktu menempuh jenjang SMA.

Namun karena masih dalam masa pandemi, sosialisasi pembelajaran di Fakultas Syariah dilaksanakan melalui zoom meeting. Dan bagi yang tidak dapat bergabung dengan zoom meeting, mahasiswa baru dapat menyaksikan melalui livestreaming di youtube.

sospem fasya 2

Sosialisasi Pembelajaran Fakultas Syariah IAIN Pekalongan mengusung tema “Mewujudkan Generasi Unggul Berwawasan Ke-Indonesiaan dan Berkeadaban”. Dengan narasumber para pimpinan di lingkungan Fakultas Syariah IAIN Pekalongan. Materi yang disampaikan mengenai kefakultasan, organisasi dan tata kelola, kegiatan akademik dan kemahasiswaan, system akademik dan pembelajaran, keprogramstudian yang ada di fakultas syariah, dan materi bagaimanana etika menjadi mahasiswa serta kiat sukses belajar di perguruan tinggi. Dua materi terakhir disampaikan oleh dosen fakultas syariah yang sangat berkompeten di bidangnya.

Sebagaimana telah disampaikan Dekan Fakultas Syariah pada acara pembukaan sosialisasi pembelajaran, bahwa tujuan diadakannya sosialisasi pembelajaran adalah untuk memberikan informasi atau pengetahuan kepada mahasiswa baru tentang kefakultasan. Acara sosialisasi dilaksanakan selama dua hari, yaitu sejak hari kamis, 10 september 2020 dan hari jumat, 11 september 2020 dimulai pada pukul 08.00._(Fasya)