Fakultas Syari`ah | IAIN Pekalongan

Cegah Penyebaran Covid 19: Dosen Fasya Dibekali Teknik Pembelajaran Berbasis Daring

E-mail Print PDF

WhatsApp Image 2020-09-11 at 14.22.07

Pekalongan, Fakultas Syariah IAIN Pekalongan menyelenggarakan kegiatan Workshop dengan teman Teknik Pembelajaran berbasis Daring bagi Dosen. Kegiatan ini dilakukan dengan mengundang seluruh dosen tetap dan tidak tetap Fakultas Syariah atau Fasya. Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Dafam Kota Pekalongan berlangsung selama dua hari yaitu hari Senin dan Selasa tanggal 8 s.d. 9 September 2020. Kegiatan tersebut sengaja dibuat dua hari untuk menghindari adanya kerumunan dan melakukan standar pencegahan penyebaran Covid 19. Kegiatan yang berlangsung mulai Pukul 07.30 WIB s.d. Pukul 16.00 WIB pada setiap harinya berlangsung dengan lancar.

Kegiatan Workshop tersebut bertujuan untuk memberikan pelatihan terkait dengan teknik pembelajaran secara dalam jaringan atau daring. Pelatihan tersebut merupakan suatu kewajiban, mengingat pembelajaran pada Semester Gasal Tahun Ajaran 2020/2021 dilakukan secara daring. Pembelajaran secara daring sesuai dengan ketentuan dalam rangka mencegah penyebaran Covid 19. Covid 19 sampai saat ini masih belum hilang, sehingga pembelajaran secara daring merupakan salah satu cara untuk mencegah penyebaran Covid 19. Oleh karena itu, semua dosen di Fasya IAIN Pekalongan harus melakukan pembelajaran secara daring. Pembelajaran secara daring dapat dikatakan merupakan hal yang baru bagi sebagian dosen Fasya IAIN Pekalongan. Artinya, kegiatan semacam ini sangat dibutuhkan untuk memperlancar dosen dalam melakukan pembelajaran secara daring.

Ada beberapa materi yang disampaikan dalam pelatihan tersebut. Pertama, semua dosen diberikan pengertian terkait dengan pentingnya pembelajaran secara daring. Kedua, materi yang diberikan yaitu terkait dengan pengoperasian aplikasi e-learning. Aplikasi e-learning merupakan wadah bagi dosen dan mahasiswa untuk melakukan kegiatan belajar mengajar secara daring. Selain, diberikan pelatihan mengoperasikan e-learning. Dosen juga diberi pelatihan untuk mengoperasikan aplikasi lain yang mendukung proses pembelajaran secara daring. Semua dosen yang mengikuti kegiatan tersebut tampak antusias saat melaksanakan pelatihan. Mereka tampak sangat serius mengingat teknik pembelajaran daring untuk semester ini adalah suatu kewajiban.

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh pimpinan Fasya IAIN Pekalongan. Dr. Akhmad Jalaludin, M.A. selaku Dekan Fasya IAIN Pekalongan secara langsung hadir dan membuka acara tersebut. Dekan memberikan pengarahan kepada semua dosen Fasya untuk mengikuti kegiatan workshop ini secara tuntas agar semua dosen bisa melakukan proses pembelajaran secara daring, sehingga kegiatan belajar mengajar yang dilakukan secara daring berjalan dengan lancar.